Rabu, 06 Februari 2013

Pemilukada Donggala Pemkab dan KPU Sepakati Tahapan


 
DONGGALA-Pemerintah Kabupaten Donggala dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Donggala melakukan kesepahaman untuk penetapan jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Donggala 2013. Kesepahaman tersebut berlangsung di Kantor KPU Donggala, Rabu (6/2) yang dihadiri Wakil Bupati Donggala, Aly Lasamaulu, Wakil Ketua DPRD Donggala, Namrud Mado, Panwaslukada dan SKPD terkait.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Ketua KPU Donggala, Mahfud Masuara dan anggota KPU Provinsi Sulteng, Patricia Lamarauna menjelaskan tentang dipercepatnya tahapan Pemilukada. Sebab merupakan hasil konsultasi dengan KPU Pusat yang kemudian dikoordinasikan dengan pemkab agar menghasilkan persepsi yang sama. Begitu pula tentang mekanisme soal laporan pertanggungjawaban bupati sebelum masa pendaftaran calon kepala daerah dimulai, menjadi pokok pembahasan. “Seharusnya bila sesuai jadwal yang normalnya itu tahapan baru dimulai bulan Maret dan pemungutan suara bulan November. Tetapi sebagai antisipasi jangan sampai menyeberang tahun 2014, maka pemungutan suara Pemilukada pada awal Oktober,” jelas Mahfud.
Wakil Ketua DPRD Donggala, Namrud Mado menyatakan sepaham soal jadwal tahapan yang telah diajukan KPU, sehingga diharapkan segera memplenokan jadwal yang telah disusun. Apalagi soal anggaran yang telah diajukan tidak ada lagi masalah, sehingga harus melaksanakan sesuai yang direncanakan. “Pastinya kami apresiasi rapat koordinasi ini, sehingga akan disamnpaikan secepatnya ke pada ketua DPRD Donggala tentang kesepahaman ini,” kata Namrud Mado.
 Penegasan serupa juga diungkapkan Wakil Bupati Donggala, Aly Lasamaulu agar tidak perlu dipermasalahkan apakah bupati bakal maju lagi atau tidak dalam Pemilukada tahun ini. Tetapi bagaimana DPRD dan KPU sebaiknya segera menyurat menyampaikan soal tebtang tahapan agar dilakukan penyampaian laporan pertanggungjawaban ke DPRD sebelum masa pendaftaran pemilukada. “Sebab ini menyangkut politik selalu berubah setiap detik, sehingga tidak bisa diterka,” kata Aly.

Karena itu pula Patricia Lamarauna secara tegas mengharapkan hasil kesepahaman ini ditindaklanjuti secepatnya, agar semua tahapan berjalan betul-betul sesuai yang direncanakan. Sebab jangan sampai pelaksanaan Pemilukada Donggala tidak mepet yang secara kebetulan bersamaan masa tahapan Pemilu legislative 2014 yang saat ini juga sudah berjalan. (JAMRIN AB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar